Minggu, 24 April 2011

Kebangkitan Yesus Itulah Jaminan Iman, Pengharapan Dan Hidup Kekal Bagi Kita


Yesus sudah bangkit, inilah berita sukacita yang kita rayakan hari ini. Berita kebangkitan Yesus inilah yang menjadi pusat iman orang Kristen dan sumber titik tolak iman Kristen, sama seperti jantung dalam tubuh kita, bila tidak ada jantung kita akan mati, demikianlah kebangktian Yesus bagi kita yang membawa jaminan iman dan keselamatan bagi kita.  Seluruh kitab Injil dan seluruh kitab Perjanjian Baru ditulis, karena adanya peristiwa “Kebangkitan”, bahkan seluruh hidup dengan pekerjaan Yesus selama 33 tahun hanya dapat kita mengerti bila kita memahami makna peristiwa kebangkitan. Sebagaimana kata  Paulus dalam 1 Korint 15 : 17 yaitu, “Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.” Artinya jika peristiwa kebangkitan tidak terjadi,  tidak ada gunanya kita berdoa, membaca firmanNya, memuji namaNya dan tidak ada gunanya gereja, orang Kristen dan kebaktian yang kita lakukan, karena Kristus yang sudah mati tidak mungkin mendengar doa dan permohonan kita, bahkan Dia hanyalah seorang pahlawan yang sudah gugur. Padahal yang kita butuhkan adalah seorang Juruselamat  dan Pemimpin yang hidup dan Juruselamat yang bisa mendengar doa kita, menyelamatkan dari dosa dan menyediakan tempat yang kekal bagi kita. Tetapi kenyataan Kristus benar-benar bangkit dari kematian, kebangkitan Kristus bukan hanya sebagai khayalan, dongeng dan bayangan semu. Yang jelas Kristus bangkit, sebagaimana dalam firman ini disebut: Waktu pagi-pagi benar pergilah Maria Magdalena ke kubur dan ia melihat bahwa bahwa batu telah diambil dari kubur atau batu penutup kubur sudah terguling (kuburan kosong). Melalui peristiwa ini Maria Magdalena cepat-cepat memberitahukan kepada murid Yesus seperti Simon Petrus dengan mengatakan, “Tuhan telah diambil orang dari kuburNya dan kami tidak tahu dimana Ia diletakkan.” Kemudian para murid-murid dengan cepat berlari pergi kekuburan dan mereka melihat kain kafan terletak di tanah, kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak di dekat kain kafan itu, tetapi agak di samping dan sudah tergulung. Akhirnya mereka percaya, seperti yang telah dikatakan dalam kitab suci bahwa Ia harus bangkit dari antara orang matiJadi makna  Paskah bagi kita adalah :
a.    Jaminan pengharapan. Kristus yang telah bangkit itulah sebagai buah sulung membuka pintu bagi kita orang percaya dan Dialah yang menanti-nantikan orang percaya. Hal ini berarti kematian bukan lagi musuh yang kejam, bukan lagi harus  ditakutkan, justru kematian itulah jalan  menuju hidup yang kekal.
b.  Membawa pembaharuan dan semangat baru bagi kita. Semua  murid dan  wanita, setelah kematian Yesus mereka merasa sedih, takut, sembunyi, tetapi saat Yesus bangkit terjadi pembaharuan dari dari patah hati menjadi bulat hati, dari perasaan sedih menjadi sukacita. Karena itu kita diajak melalui paskah ini, agar senantiasa membaharui diri dengan ikut bersuka-cita tyerutama memberitakan firmanNya.
c.    Kepastian iman, pengampunan  dosa dan keselamatan bagi kita. Jadi jika kita setia pada Yesus, selalu meluangkan waktu untuk mendengar, merenungkan, dan melakukan firmanNya, semuanya ini bukan lagi sia-sia tetapi sudah ada jaminan  iman, pengharapan dan  hidup yang kekal bagi kita.   Selamat Paskah. Amen.
Pdt. R. Lumbantobing

0 komentar:

Posting Komentar

Alamat HKBP Pasar Rebo

Recent Posting :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons